KUSHIN RYU JUJITSU INDONESIA (KJI)

KONSHIN RYU JUJUTSU

KUSHIN RYU JUJITSU INDONESIA (kJI)




Pendiri aliran Kushin Ryu professor Kiyotada Sannosuke Ueshima, mempelajari Konshin-Ryu Yujoyitsu/ Jujutsu dari Kiyotaka Kajei Matsubara. Ia kemudian memformulasikan teknik-teknik dengan menambahkan unsur karate di dalamnya. Teknik-teknik inilah yang akhir menjadi cikal bakal berdirinya aliran (RYU) Kushin pada tahun 1932 (Kushin Ryu Karate Do). Konshin Ryu sendiri awalnya didirikan oleh Taketsuna Fuziwara Rokuro Seki yang diturunkan kepada muridnya langsung, yang bernama Kiyonobu Ichinosuke Yamamoto (pendiri Konshin-Ryu Yujoyitsu)

Jujutsu merupakan seni bela diri Jepang yang sangat tua dan merupakan inspirator dalam seni bela diri lainnya. O Sensei Morihei Ueshiba juga ahli dalam bidang Jujutsu. Ia belajar Jujutsu aliran Tenjin Shinyo-ryu dibawah asuhan Tokusaburo Tozawa. Ia juga sempat belajar ilmu pedang aliran Shinkage-ryu di dojo Idabashi. Ia memperoleh Menkyo, sertifikat mengajar bela diri, dari guru bela diri Jujutsu aliran Yagyu-ryu di Osaka, yakni Makasatsu Nakai.

Di Hokkaido Ueshiba bertemu dengan Sokaku Takeda, guru bela diri Jujutsu aliran Daito-ryu yang dikenal dengan gaya Aikijutsu, yang dikemudian hari menjadi fondasi utama bela diri AIKIDO. Sementara itu, Prof. Jigoro Kano pendiri beladiri JUDO juga master dalam Jujutsu awalnya belajar jujutsu dari Hachinosuke Fukuda, master Tenjin-Shinyo Ryu Jujitsu. Jigoro Kano berlatih dengan keras di bawah asuhan Master Fukuda. Tahun 1879, setelah sepeninggal Fukuda, Jigoro Kano pada usia 19 th bergabung dengan cabang Jujitsu lain dari Tenjin-Shinyo-Ryu Jujitsu dibawah istruktur Jujitsu yang bernama Masatomo Iso (62 th). (yr)

KUSHIN RYU JUJITSU INDONESIA (KJI)
Nama ini memang masih asing di kuping anggota KKI sendiri. Tapi ini bukanlah aliran baru. KJI lahir dari sebuah keprihatian para senior KKI di Dojo Kopo (1967) yang menilai bahwa KKI telah kehilangan ruhnya sebagai sebuah aliran beladiri. Padahal KKI telah memiliki teknik-teknik baku Jujitsu yang sudah ratusan tahun dipelajari. Sayangnya, materi latihan Jujitsu tersebut masih hanya diajarkan sebagai materi sisipan saja dalam sesi latihan. Kecenderungan yang terjadi yakni banyak dari pelatih yang lebih memilih mengajarkan teknik-teknik karate secara umum, yakni kata dan kumite, tanpa memberikan fokus perhatiannya kepada Jujitsu.

Minimnya pelatih mendapatkan ilmu jujitsu Kushin Ryu masih menjadi kendala. Banyak dari sabuk hitam yang memiliki tingkatan DAN tinggi namun minim menguasai teknik-teknik Jujitsu. Benar, kita begitu bangga dengan Kushin Ryu lantaran memiliki teknik Jujitsu, yang tidak secara khusus dimiliki banyak perguruan karate di Indonesia. Tapi sayang, kebanggaan itu tidak sejalan dengan upaya mengembangkan dan mencintai Jujitsu secara maksimal.

Karena itulah KJI hadir. Tujuan kami hanya ingin melestarikan dan mengembangkan Jujitsu yang dimiliki Kushin Ryu sehingga kelak kebanggan terhadap Kushin Ryu tak hanya sebatas kebanggaan semu. Lewat wadah ini, kami berharap akan lahir anggota Masahi yang benar-benar memiliki kemampuan teknik jujitsu yang mumpuni dan memiliki tingkatan DAN yang bisa dipertanggungjawabkan. Jika bukan kita yang melestarikan Jujitsu Kushin Ryu, lantas siapa lagi?

“Kenali, lalu dalami sepenuh hati maka nanti kalian akan mencintai. Jangan hanya mengenali tanpa mau mempelajarinya, nanti yang ada justru hanya kebanggaan semu,”

ujar Shihan Sofyan Hambally, DAN VI KARATE-JUJITSU di hadapan anggota MASAHI Dojo Kopo masih

LOGO KJI

155 Responses to “KUSHIN RYU JUJITSU INDONESIA (KJI)”

  1. Henri Bayu Tomo Says:

    Osh,… saya bangga menjadi bagian kecil dari Kushin ryu……..

    • Osh kita memang patut bangga. tugas kita sekarang adalah melestarikannya jangan sampai jujitsu kushinryu hanya tinggal nama.

    • harish Says:

      yth Bapak2

      Saya warga Palembang ingin sekali mempelajari Ju jit su
      numpang tanya alamat tempat latihannya?

      • arifin Says:

        jika sdr harish berlokasi di bandung dan sekitarnya bs datang langsung ke jl cetarip timur,kopo bandung.
        kalo untuk palembang kami belum ada.

      • kang arifin,,kalo dibandung tuh latihannya tiap hari apa yah??

  2. arifin Says:

    Pengurus Pusat Kki 09 Desember jam 12:05 Balas • Laporkan
    Kepada
    Yth. Keluraga Besar KKI
    di Seluruh Indonesia

    Salam KARATE oss…….

    Sampai sekarang gerakan orang-orang yang tidak berhak/Ilegal menggunakan nama/aliran KUSHIN RYU masih berlanjut, diantaranya mereka melakukan kegiatan di Sumatera Utara bersama orang-orang yang telah keluar dari Perguruan KKI.

    Untuk itu kepada Seluruh Keluarga Besar KKI agar segera mengamankan anggotanya dari pengaruh sekelompok orang-orang yang melakukan kegiatan berbungkus dengan nama/aliran KUSHIN RYU.

    Di Indonesia yang mendapat rekomendasi/mandat menggunakan nama aliran KUSHIN RYU hanyalah PERGURUAN KKI, yang ketua Umumnya BAPAK DR OESMAN SAPTA, Ketua Dewan Guru BAPAK IMAM BUCHORI dan Ketua Majelis Sabuk Hitam BAPAK SANGGA RUSTANDI.

    Jika memang ada anggota KKI yang telah terpengaruh sebaiknya dinasehati agar tidak tersesat, namun jika upaya maksimal masih melanggar aturan organisasi, tidak ada salahnya diproses sesuai ketentuan AD/ART KKI.

    Perlu dipertegas lagi, SOKE HORYU MATSUZAKI,PHD tidak pernah memberikan rekomendasi/mandat kepada kelompok/organisasi lain untuk menggunakan nama aliran KUSHIN RYU kecuali kepada PERGURUAN KKI, karenanya KUSHIN RYU yang SAH di Indonesia HANYA KKI.

    Oss……………

    an.PERGURUS PUSAT KKI

    (PEMBERITAHUAN DI ATAS DISEBARKAN MELALUI FACEBOOK KUSHIN RYU (INDONESIA), OLEH OKNUM YANG MENGGUNAKAN ID FACEBOOK “PENGURUS PUSAT KKI”)

    TANGGAPAN:
    JIKA BENAR PP KKI MERASA TERGANGGU OLEH “SEKELOMPOK ORANG” YG DENGAN ILEGAL MENGGUNAKAN NAMA KUSHIN RYU, MENGAPA PP KKI TIDAK MELAKUKAN TINDAKAN RESMI JIKA MEMANG TAHU SIAPA SI “SEKELOMPOK” ORANG TERSEBUT.
    INI MALAH BERKOAR DI JEJARING SOSIAL…YANG LEBIH PARAH LAGI, OKNUM INI MENYEBARKAN DENGAN MENGATASNAMAKAN PP KKI JADI MASIH PATUT DIPERTANYAKAN KEBENARANNYA…
    PARAH…PARAH… :)

  3. danar Says:

    Kasihan ya… Jadi pengurus pusat otaknya cuma segitu. Kelihatan gubloknya. Gak bisa berbuat memajukan KKI secara teknik, lalu bikin provokasi yang gak cerdas. Tapi, baguslah. jadi kelihatan gubloknya.

    Yang begini neh yang maling teriak maling. Menuduh orang sesat tapi dia sendiri jauh lebih sesat. Nggak malu ya?

    Ane sih yakin, oknum-oknum ini adalah org yang sama, yang nyunatin uang wasit KKI yang pada mau ikut kejuaraan, baru-baru ini. Gw pikir kagak tahu ini kasus?

    • Benar….benar…..saya dan teman-teman di Kendari setuju…karena kami adalah salah satu korban…yang hanya dimanfaatkan oleh oknum untuk meraup kepentingannya….tanpa berpikir untuk melengkpi apa2 yang diperlukan dojo………..malah kami berpikir akan hengkang dari KKI…tapi rasanya berat karena KKI telh terlalu kami cintai….terus kami harus apa?…. pemikiran kami sekarang bisakah KJI merekrut dan mengajari kami lebih dalam supaya kami ciptakan sendiri di Sultra jauh dari pengaturan oknum yang memikirkan diri sendiri……

  4. Loyalty, respect, and freedom…
    Diakui atau tidak sebagai orang KKI tidak masalah bagi kami. Diperbolehkan atau tidak menggunakan nama KUSHIN RYU, bagi kami pun tak jadi soal. Kami lahir dan tumbuh sebagai orang KUSHIN RYU dan tetap akan mengibarkan panji KUSHIN RYU, diakui atau tidak diakui. Inilah bukti kesetian kami (loyalty).

    Bukankah ajaran karate di manapun mengajarkan tentang saling menghormati (respect), bahkan terhadap musuh sekalipun? Menundukkan badan kepada lawan sambil mengucapkan kata OSH sebelum bertanding adalah perwujudan kita menjungjung rasa hormat dan santun? Bersikaplah ksatria, tanpa memprovokasi, memfitnah kami sebagai kelompok sesat.

    Biarkan kami membesarkan nama KKI (KUSHIN RYU M KARATEDO INDONESIA) dengan cara kami sendiri. Hak kami untuk mencintai KUSHIN RYU karena kami lahir dan dibesarkan sebagai orang KUSHIN RYU.

    Maaf, Kami tak butuh mandat atau rekomendasi untuk mencintai KUSHIN RYU.

  5. abdul Says:

    pokoke maju terus pantang mundur, bravo kushin ryu, bravo kushin ryu jujitsu indonesia, lan buat sensei & senpai semua

  6. gw heran nich,, ada saja yang masih mengaku pintar end ber ilmu beladiri padahal di besarkan bersama KKI resmi ada aturan mainnya ad/art nya. Saran gw .. Patuhlah pada kejujuran.

    • danar Says:

      nah gw malah heran ada yg ngaku pinter tapi mau aja dibodohin ama pengurus yg hny berlindung di balik AD/ART. Pura2 ikut aturan main, padahal Maling!
      Saran gw, jng banyak ngomong. berbuat! lu urusin itu AD/ART… “Anjing menggonggong kafilah berlalu. jd ngertikan maksud kita. Kami ini kafilah, nah situ…. gog…gog..gog..! *sori, hbs situ sok pintar sih* :-)

    • arifin Says:

      buat lukija,kalo perlu bukti datang aja ke dojo kopo tiap hari sabtu sore,pintu kita terbuka 24 jam nonstop…kita buktikan mana yg mengaku pintar mana yg cuma omdo yg bisanya ngumpet dibalik ad/art…
      JANGANKAN ENTE,KETUA DEWAN GURU PUSAT KKI PUN BELUM PERNAH SEKALIPUN DATANG KE KOPO UNTUK KONFIRMASI MASALAH KJI PADAHAL BELIAU ORANG BANDUNG…TAHU KENAPA??? HEHE
      TALK LESS DO MORE…

    • Bung Lukija… AD/ART KKI yang sekarang ini, tak ubahnya hanya untuk mengamankan dan melanggengkan kekuasaan. Mau bertaruh?
      Sebentar lagi, kepengurusan PP-KKI akan segera berakhir. Dua periode Ketua umum telah menjabat.

      Nah, jika benar AD/ART dijalankan dengan kejujuran, bukankah sudah saatnya KKI memilih ketua umum dan perangkat-perangkat berwajah baru?

      Saya agak sangsi. Mari kita lihat ucapan anda itu, bila AD/ART benar-benar dijalankan dengan Kejujuran…

      • Apa yang dikatakan lukija benar……..tapi, saya setuju apa yang dikatakan Bung Bayu,,,sangat benar….

    • Sandro Says:

      Benar. Tai kucing itu dengan AD/ART… yang ada sekarang, bagaimana kekuasaan bisa langgeng. Ayo buka mata kalian pada!

      Gua sih sdh bisa baca mau pergerakannya. AD/ART hanya untuk melanggengkan kekuasaan. Yg pada vokal disingkirkan dan dicap ilegal. KKI lagi diracuni dari dalam, kok pada gak nyadar ya..

  7. abdul Says:

    jadi lah orang yang pinter, tapi jangan sok pinter. Jadilah orang yang benar tapi jangan merasa paling benar. berfikir positif, jangan memositifkan fikiran. Semua tidak ada yang abadi. “Beribu kawan masih kurang, satu lawan terlalu banyak”, Kumaha upami ayeuna mah tidak saling menghujat! yu Urang sasarengan beresan sesuai aturan. Para GEGEDEN Supaya Turun Ke lapangan memberikan arahan, kalo gak MAu, nya turun olangan bisi diturunkeun

  8. henry siahaan Says:

    osh…saya salut dengan KJI or KKI ini…semangat terus dimana pun kita berada.
    KKI is the best.

  9. ratmono Says:

    Kushinryu M Karate-do Indonesia / KKI tetap kujalani, Kushinryu Jujitsu Indonesia/ KJI tempat kuberlatih…..MAJU TERUS KUSHINRYUKU, OSH

  10. KKI Sultra…

    Sangat disayangkan….kapan atlet KKI Sultra dapat berkiprah, baik daerah maupun nasional. Jika segelintir oknum hanya ingin meraup keuntungan dibalik itu, tanpa membangun dojo yang tercinta.

    maka yang muncul dibenak kami untuk keluar dari aliran ini,,,,mengingat tawaran telah ada.

    tapi KKI telah menjiwai hati kami,,,
    yang kemudian susah kami tinggalkan……

    Lalu kami mendengar suatu nama dari KKI dalam bentuk lain yakni Kushin ryu Jujitsu Indonesia (KJI)..
    yang membuat kami berpikir untuk kesitu….

    memang benar,, KKI saat ini telah hilang identitasnya sebagai aliran beladiri khusus… jujutsu…
    jujutsu dipelajari jika akan menghadapi ujian saja…tanpa melakukan pendalamannya..

    Pertanyaannya..

    Bisakah kami bergabung….dan bagaimana?…….
    tolong konfirmasinya.

    trims…… osh…

    • Tentu bisa. KJI toh bukan aliran baru. KJI adalah tempatnya orang-orang yang ingin melestarikan dan mengembangkan jujitsu yng kita miliki.
      Kami sangat terbuka dengan siapapun yang ingin bergabung dengan KJI apalagi Anda benar2 org kushin ryu.

      Saat ini, anggota KJI tak hanya datang dari org Kushin Ryu sendiri tapi dari luar anggota KKI.

      Bagi kami tak ada rahasia-rahasian dalam berbagi Ilmu. Ilmu harus disebar walaupun hanya satu ayat. Biar teman2 daerah jga memiliki kebanggan yang utuh terhadap Kushin Ryu, tak sekedar kebanggan semu, tanpa kita mau mengenalnya secara benar.

      silakan bergabung dengan komunitas kami di FB: KJI

      Salam dari Bandung

    • Bang hadi. aq dulu sempat ikut jujitsu neh di sby, nah skrg pindah ke kendari. Trus mw ikut gabung lagi neh. Dimana ya tempatnya yang saya dapat bergabung? Tolong saya dikabari dan diberi informasi ya. Nih pin  saya 281C8C81 atau no hape 087851666695. Pengen banget neh ikut lagi. Thx

  11. Saya baru tau ternyata jujutsu bukan KKI saja….. maka kita juga harus melestarikan dan memperdalam KKI.

    tidak saja itu harus menyebarkannya…..

  12. juliono Says:

    osh, jaya terus kusyin ryu,

  13. sorry bukan ikut mencampuri tp saya hanya bertanya dimedan sdh buka cabang bela diri ini
    kalau ada di mana alamatnya
    krn saya sangat tertarik……………
    terima kasih……………..

  14. wicak Says:

    Osh,
    mohon info nya, saya anggota KKI di jakarta Timur. Apakah KJI ada di jakarta? khusus nya jakarta Timur?
    terima kasih

    • Di jakarta ada di Dojo Asrama Brimob Pulogadung. Jl Raya Bekasi. Dojo Brimob posisinya ada di belakang pom bensin milik H Syarif di depan asrama brimob.

  15. sintia Says:

    Hi, sy brminat u belajar jujitsu. Apakah d bali sdh ada cabangnya?thks

  16. ardiyan Says:

    osh.. sya juga berminat seandainya saja di kendari juga ada yah…

    • semoga dalam waktu deat ini. Mengingat salah satu anggota TNI dari kendari sekarang sedang mempelajari KJI di Bandung dan segera membuka dojo di sana. Terima kasih atas apresiasinya.

  17. rizky Says:

    tempat latihan di depok atau jakarta selatan sdh ada sensei?

    • KJI di Depok belum ada. di Jakarta Selatan ada sih, tapi dojonya masih khusus kalangan anggota POLRI saja.

      Di Jakarta Timur sdh ada yakni Dojo KJI Brimob, di kawasan komp. Brimob di Pulo Gadung.

      Klo pun mau latihan KJI di kawasan Jaksel paling sebatas kelas privat. latihan di kawasan Senayan.

      info lbh jauh silahkan hub: 0812-2045531 (zallu KJI)

      • ruri priatna Says:

        KJI depok lg d usahakan dulu. karena saya sendiri harus minta ijin ma senpai ratmoko dan senpai ratmono. yang berwenang d depok dan kab.bogor.

        tetapi saya mohon untuk d bukakan didaerah Bintaro plaza untuk para securitynya dulu. masalahnya semua security d bintaro plaza blm da yg bisa bela diri tolong dibukakan dulu. selebihnya biar saya yg bertanggung jawab di sana.

        hub : 085711201786 (ruri)
        tolong ya di usahakan bantuannya.

        proposalnya dalam proses

      • Saya tertarik dengan beladiri jujitsu, kebetulan saya kerja disekitar pulo gadung, mau tanya latihan kji disana hari apa ya pak? boleh minta contact personnya?

      • ryan hidayat Says:

        Saya tertarik dgn beladiri jujitsu. Mau ikut latihan. Di jakarta barat ad tidak?

  18. andri krisna Says:

    alhamdulillah ini jadi yang hal yang menarik buat saya,kiranya untuk bergabung, waktu pendaftarannya kapan saja? dan waktu latihannya kapan saja? saya berdomisili di cibaduyut!nuhun

    • arifin Says:

      kang andri datang aja lasngsung ke dojo KKI Kopo,jl. Cetarip timur tiap hari sabtu jam 16.00.
      bisa langsung ikutan latihan… :)

  19. saya anggota KKI NTB,alhamdulillah dah DAN I tapi saya merasa di abaikan,berkali-kali saya mengusulkan untuk kita memperdalam aliran kushin ryu khususnya jujutsu dan bukan hanya mementingkan atlet.jika TC atlet bisa 4X seminggu kita yang bukan atlet cuma bisa duduk sebagai penonton.bukan saya iri tapi saya sudah merasa di bedakan dan saya merasa malu menyandang DAN I kalo ujungnya gk bisa apa2.saya menyambut baik adanya kushin ryu jujutsu indonesia dan dari dulu saya belajar lewat video yang saya upload dari youtube secara otodidak.saya pribadi menyukai dan mendukung adanya KJI. bela diri adalah murni membela diri sendiri karena jika kita di hadapan musuh yang di lihat bukan berapa kali kita jadi juara tapi sekuat apa kita bisa bertahan.maaf seorang copet pun gk takut tuh sama sabuk hitam….yang copet takutin seberapa keras bantingan yang kita lakukan.

    • zenwalk Says:

      @Arif
      huehehehe
      Kemarin saya datang, tapi kok ya pada anteng aja ya… ngiblat ke shotokan :D
      BTW selamat ya sudah menyandang DAN 1

      @KJI
      wah Gaous ya? hmmm
      masih bocah ingusan tu anak :D

  20. @Bli Arief: klo begitu adanya, ayo segera bergabung dng KJI. Toh, keberadaan KJI memang utk kita2 yg sdh tidak berprestasi lagi, tp masih mencintai aliran kushinryu. Nanti di NTB anda bisa berlatih ke Senpai Gaous, kebetulan dari NTB juga. Saat ini sedang digembleng menjadi instruktur KJI dan berencana mengembangkan KJI di NTB.

    Utk mengikuti perkembangan silakan join di FB: KJI – kushinryu jujitsu indonesia.

    Utk WSDK-nya, klik wsdk.org

    Salam hangat

    • faisal Says:

      bang,bela diri untuk semua orang kan, ga khusus untuk polisi aja.
      kalau dijakarta utara letaknya dimana ya?

  21. terima kasih sebelumnya,saya harap KJI bisa hadir di NTB dan saya siap bergabung.mungkin dengan kedatangan KJI temen2 yang lain bisa sadar kalaupun kita sudah tidak produktif sedikit tidak hargai saya sebagai saudara seperguruan yang haus akan ilmu.saya tunggu gebrakannya…osh….!

    • terima kasih atas apresiasinya. klo bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan jujitsunya kushin ryu.

  22. andri krisna Says:

    selamat atas acara buka bersamanya kemarin sabtu, saya datang terlambat so gak gabung ( agak keder!!!!), Insya Allah sabtu depan saya ikut latihan!!Nuhun

  23. andri krisna Says:

    anyway selain sabtu, hari apalagi ya????

  24. osh …
    di lampung, KJI sudah ada blum ?

    • Di Lampung, yang 100 persen mengembangkan KJI sih belum ada. Sepengetahuan saya, orientasinya masih beladiri untuk prestasi. belum terpikir untuk mengembangkannya ke arah beladiri. padahal KJI cocok untuk para pelatih dan mereka yg sudh tak lagi berprestasi.

      Lucu juga klo para pelatih masih dicekoki materi kumite untuk bertanding ya…

  25. kushinryuvellynthya Says:

    kurang setuju… klo memang dirasa kurang penerapan jujitsu didalam KKI,, kan bisa tetp melatih jujitsu dengan nama KKI tanpa embel2 KJI nya,,, terkesan KKI terpecah…

    • Jadi begini lho ya mba mas kakak tante nenek

      Aliran di KKI itu aslinya bernama Konshin Ryu Yujojitsu yang fokus pada beladiri, kuncian, senjata (beladiri para samurai)
      dan mendapat sentuhan karate diawal tahun 1900

      Kushinryu memiliki 3 Organisasi (READ : ORGANISASI)
      1. KKI – kushinryu KARATE-DO Indonesia (berfokus pada karate-do )

      2. KJI – Kushinryu Jujutsu Indonesia berfokus pada Jujutsu

      3. WSDK – Woman Self Defense Kushinryu – berfokus pada beladiri wanita

      sudah? sampai disini cukup jelas kan ? :)

      Ibaratnya Beli Sirup Merk nya Mar*an , tinggal pilih mau Mar*an original, Mar*an rasa apel, melon atau apa?
      Orang akan tetap melihatnya sebagai Sirup Mar*an apapun rasanya.
      Baik Rasa Original, Apel dan Melon pasti memiliki kandungan yang sama hanya saja berbeda jumlah konsentrat nya

      Nah sekarang belajar berpikir Kushinryu itu induknya, dibawahnya KKI, KJI, WSDK ., Tinggal tunjuk mau pilih minum (belajar) yang mana. Semua tergantung selera

    • Jawabannya sudah jelas ya sama Mas Gaous, jadi tak usah saya jelaskan lagi.

      untuk @kushinryuvellynthya terima kasih atas ketidaksetujuannya, toh saya pun tak akan memaksa Anda untuk setuju.

      Pesan saya, jangan suka mengesan-mengesankan sebelum mendapat informasi yang utuh dan lengkap.

      Klo bicara KKI terpecah, memang tak perlu dikesan-kesankan. Dari dulu hingga sekarang, di sebagian daerah, banyak KKI yang terpecah. Di Bengkulu, ratusan anggota KKI hijrah ke BKC, Di Sumut juga pindah ke KKSNI, di Jatim sekarang aja KKI lagi terpecah.

      Penyebabnya, karena salah urus. Ada oknum PP-KKI yang doyannya bikin manajemen konflik.

      Kalau kami mendirikan komunitas baru tak perlu dikhawatirkan. Kami ini masih orang KKI, guru kami masih Soke Matsuzaki. kalo kemudian kami membentuk KJI harusnya tanya kenapa? Berarti ada yang tak beres di tubuh KKI.

      Banyak pemikiran2 yang progresif namun tak terakomodir. ya sudah, daripada energinya terbuang percuma, ya kami jalan sendiri sesuai dengan apa yang kami yakini. Toh, kami tidak menjelekan nama Kushin Ryu.

      Harusnya pengurus2 KKI pada mikir, dng adanya WSDK dan KJI, misalnya, nama Kushin Ryu tetap terbawa2. Plis jangan gila dong!

      hehehe…. :-)

      • osh..
        ternyata kita masih 1 aliran n 1 guru matsuzaki..
        dibekasi dojo na dimana ya, mo latihan lg nih dah lama vakum krna terdengar isu perpecahan itu, dlu latihan di GOR Senen swktu masih aktif di KKI (belum pecah) sampai ban biru tua.

  26. andri krisna Says:

    minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir batin! salam tuk seluruh keluarga besar KKI!latihan lg kapan?

    • Mas Andri. Maaf lahir batin juga. Salam pula untuk keluarga dan rekan sealiran.

      Latiha apa neh? kalau karate, kami latihan setiap hari Minggu, tapi kalau KJI, ya hari sabtu.

  27. Osh,..
    saya tertarik untuk posting coment setelah ngebaca postingan disini, saya sdh lumayan lama belajar kushin ryu mpe DAN 1 dan mulai vacum dr thn 2009 krn kesibukan kerjaan yg jauh drmana2(pedalaman), mulai gabung di dojo KKI d slh satu kabupaten di SUMSEL dan meneruskan Di DOJO yogyakarta krn dah lama ga latian terasa kangen bgt buat latian bareng lagi tapi msh belum tau mau gabung latian dimana di palembang ?untuk KJI sendiri dr sesepuh KKI palembang apa ada yg bsa dihubungi dan tempat latian dmna ?krna sdh tdk muda lagi dan bukan umur Atlet lg makanya kembali ke ruhnya kushin ryu,..klo ada buku2 tentang kushin ryu tolong di infoin jg bsa saya dapatkan dimana ?

  28. andrie Says:

    saya ingin ikut latihan dan bergabung, apakah ada informasi untuk cabang di daerah depok. Atas bantuannya saya sampaikan terimakasih

  29. Salam Karate Ost…….

  30. oshhh, . kyu shin ryu the best :D

  31. Kalau di Surabaya Dojo ada di mana ?

  32. Dahulu saya pernah ikut IJI (Ju Jitsu) Bantarangin di kota Ponorogo – Jawa Timur Tahun 1998 waktu SMA, sekarang ingin ikut club beladiri wanita Kushin Ryu di Surabaya ada nggak ?

  33. walaupun saya anggota baru dari kki(khusin ryu M karate-do indonesia) dan tidak ada hbungan apa-apa dngan kji,,,,,sya ttap akan mlstrikhan terus KHUSIN RYU JUJITSU INDONESIA…

  34. Aslkm..
    Sy sgt berminat dgn olahraga beladiri ini,
    Bapak/Ibu mhn informasinya utk tempat latihan di wilayah Bogor utk umum,
    Atau tlng hubungi sy k no 08567957722.
    Trm ksh ya..

  35. ARTONO Says:

    pokoknya…smua ini perlu dilanjutkan sebagai bagian dari teknik beladiri, apapun itu alirannya, Salam buat smua, ka hani, da thalib, bang haji syarif, da wardi, & smua pendiri,penerus KJI di bandung.

    Jak, 10 nov 2011
    SELAMAT JUGA HARI PAHLAWAN

  36. robby hamidy Says:

    Weleh weleh . . . . Boss yang diatas masih pada berantem to.. ? semenjak saya DAN I tahun 1987 (non aktif 1991) masalahnya masih tetep sama toh…”KEKUASAAN DAN UANG”.

    Saya sangat menghargai adanya KJI; Mudah mudahan bisa mengembalikan format dan ciri khas KKI (jujur, saya anggap anak anak KKI sekarang pada “lembek”).

    BTW, dibekasi sudah ada cabang KJI ?. kalau ada, tolong info lokasi dan nomer telp yang bisa saya hubungi, saya ingin kembali berlatih ( ngilangin asam urat dan kolesterol dengan murah meriah he he he. )

    Moga moga kedepan KJI dapat menjadi kurikulum wajib KKI (bukan hanya sekedar selipan selipan kurikulum KKI). bagaimanapun juga, saya sudah terlanjur bangga dan mencintai KKI dan tidak mau melihat KKI terpuruk.

    Terima kasih.

  37. Jika kualitas pelatihnya saja belum maksimal, . lalu bagaimana dengan nasib yang dilatih??

  38. eko firman Says:

    smg KJI lbh baik lagi

    walaupun saya beraliran shotokan , saya juga ingin mempelajari tentang KJI

  39. kim femaryu Says:

    BANDUNG 17 12 2011.

    HAL :
    WARNING../HIMBAUAN,,/INFORMASI../BEWARA../PEMBERITAHUAN,,/PANCARAN,,/PERINTAH…!!
    DARI GURU BESAR SENSEI AAM.

    OSU..!! JUJITSUKA ..!!
    KEPADA SELURUH PERSONIL ANGGOTA KJI ( KUSHIN RYU JUJITSU INDONESIA).YANG TELAH MENYANDANG DAN I ,YG TELAH DI SUMPAH SETIA DAN LOYALITAS PADA ALIRAN DAN BUSIDO KEPADA PERGURUAN DOJO KOPO..DIMINTA UNTUK BERGABUNG KEMBALI DAN DITUNTUT UNTUK KEHADIRAN NYA SETIAP HARI SABTU SORE JAM 16.00 WIB. DI DOJO KOPO BANDUNG.BAIK HUJAN,PANAS PUTING BELIUNG,TIDAK ADA ALASAN WAJIB HADIR..!!
    KARNA SENSEI MARAH..KEPADA SELURUH JUJITSUKA YG TIDAK HADIR TANPA KETERANGAN LAPORAN KE KOPO.UNTUK ITU KAMI BERHARAP KITA TETAP MENJAGA SILATURAHIM DENGAN BAIK..DAN TIDAK ADA DUSTA DIANTARA KITA..

    SEKIAN INFONYA YG DAPAT SY SAMPAIKAN..TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNY DAN WAKTUNYA UNTUK MEMBACA BEWARA INI..

    SALAM JUJITSUKA !!

    BANZAI KJI..!!

    OSU..!!

  40. Maaf mengganggun,ini saya mau nanya.. Kalo jiu jitsu di kalimantan tengah khususnya di kota palangkaraya ada gak yah ??
    Kalo ada mohon dikonfirmasi.. Karna saya kepengen banget ikut jiu jitsu..
    Sekalian juga minta tolong minta alamat dojo jiu jisu di daerah Bandung,Bali kota singaraja,sama daerah yogyakarta..
    Trim’s.. :)

  41. Maaf mengganggu,ini saya mau nanya.. Kalo jiu jitsu di kalimantan tengah khususnya di kota palangkaraya ada gak yah ??
    Kalo ada mohon dikonfirmasi.. Karna saya kepengen banget ikut jiu jitsu..
    Sekalian juga minta tolong minta alamat dojo jiu jisu di daerah Bandung,Bali kota singaraja,sama daerah yogyakarta..
    Trim’s.. :)

    • zallu Says:

      Untuk saat ini, Kushinryu jujitsu indonesia (KJI) di palangkaraya belum ada.

      Ini alamat KJI yang di Bandung: Dojo Kopo, Jl Kopo, Cetarip Timur II/4 Bandung. Jawa Barat.

      Terima kasih atas perhatiannya ya

  42. salam kenal… happy new year 2012

  43. mochamad rizqi akbar Says:

    Salam karate OSH..
    Saya akbar, anggota BKC Kota Bogor, walau warna kita berbeda, namun tujuan kita sama, membesarkan nama baik KARATE di Indonesia.
    Mau mengikat tali silaturahmi aja nih, hhe..

  44. apa bedanya KJI sama IJI? kan sama2 ju jitsu, mohon penjelasannya. makasih.

  45. zallu Says:

    Terima kasih. Saya pikir perbedaannya hanya organisasi saja pak. Secara spirit beladiri semua sama. Utk KJI, sy bisa jelaskan sedikit. KJI dibentuk atas kepedulian para senior Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) di Dojo Kopo yang ingin melestarikan dan mengembangkan teknik Jujitsu yang selama ini dipelajari namun tidak secara intens.

    Dari sinilah kemudian diformulasikan, bhw KJI hanya diperuntukkan bagi para senior di KKI yang orientasinya tidak lagi untuk prestasi krn faktor usia. Dlm perkembangannya, secara organisasi KJI tak ada kaitannya dengan organisasi KKI. Dia berdiri sendiri dan mulai dikembangkan buat umum. bisa dipelajari oleh siapa pun dan dari aliran beladiri karate mananapun.

    semoga bisa menjawab. terima kasih

  46. Alpian kelelawar hitam lybaz arhanud Says:

    jujitsu mantap……kami tunggu sensei……yg mengajari ilmunya d Batalyon Arhanudr3 ……

    • toliongto Says:

      KKI mantab…tab…tab….kata-nya original punya…..kumite-nya…..cadas bangat main sikat habis……..n yg paling penting……beladiri-nya (skarang disebut jujutsu) wueleh ….wueleh…leher lawan bisa muntir tuh……
      Pokoknya KKI top bangat. Bapak2….ibu2…jangan pikirkan lain2. KKI sudah………

  47. Genoveva Erphandhika Says:

    osh,salam dari KKI Kopo Bandung ,

  48. orkneymusic Says:

    Boleh tanya syarat berlatih Kushinryu Jujitsu dan jadwal latihannya. terima kasih

  49. olief zaki janitra Says:

    K’lo boleh tau ada cabang yang d’daerah bekasi gak yaa???

  50. adi bara Says:

    Apa kah ad kji di jakarta

  51. Nanang septianto Says:

    0sh.,saya nanang septianto dari d0j0 wilangan kec.sambit kab.p0n0r0g0 jawa timur.berharap agar ju-jitsu ini bisa lebh berkembang lagi jadi lbh baek.

  52. M firman wahyudi ju-jitsu i kyushinryu Says:

    Ju-jitsu kyushinryu di dojo purwajaya semakin cepat berkembang,karena kami disini mempunyai darah ju-jitsu

  53. mau nanya, kalo mau belajar KJI daerah Bandar lampung ada gak ya ?

  54. Erphan Anggi Says:

    yah,saya pindah bukan dari KKI lagi tapi udah di INKAI FORKI padahal seru banget di KKI banyak temen..

  55. Mohon Maaf di banjarmasin kapan ada,, trms

  56. apa perbedaan kyusin ryu dengan kito ryu? terimakasih…

  57. bagaimana saya bisa bergabung?

  58. afandi Says:

    saya pengen belajar ju jitsu tp wilayah saya disidoarjo. ranting sidoarjo didaerah mana or hub nomor saya klau ada tempat latihan 085730167983

  59. Saya senang sekali bela diri, terutama bela diri dari negeri sakura jepang, saya banyak dengar tentang jujitsu namun karena di daerah saya tidak ada dojo tempat pelatihan jadi saya mengetahui sekilas…jika ada tempat/dojo tolong info ke saya

  60. andeas rukmana arek bojag Says:

    osh maju terus ju jitsu indonesia. JU-JITSU LOVE PAGAR NUSA

  61. andeas rukmana arek bojag Says:

    mhon maaf ………. sya pindah dr ju jitsu ke pagar nusa . tp sya brjanji akan tetap mnjunjung tinggi nm k 2 prgruan trsebut.

    ju-jitsu LOVE ips nu Pagar nusa

  62. osu … saya dari aliran shotokan apakah saya bisa ikut berlatih kji , karena tujuan saya cuman satu , cuman mau olahraga aja , tapi olah raga yang saya suka . dan saya sangat mengagumi sosok sihan sofyan hambali , seorang karateka yang dedikasinya sudah tidak di ragukan lagi , walaupun beliau sesungguhnya sangat bisa berdiri sendiri tapi sihan sofyan hambali tetep berdiri di khusin ryu dan malah menjadikan khusin ryu lebih maju dengan adanya kji dan apakah jika saya ikut berlatih di KJI APAKAH SAYA HARUS MUNDUR DI PERGURUAN saya .mohon jawaban . osu

  63. Osh. Mas Noval. Terima kasih atas apresiasinya terhadap guru dan orangtua kami. Kami sangat senang ketika ada rekan2 sesama karateka yg mau bergabung dng Kushin Ryu Jujitsu Indonesia (KJI). KJI terbuka bagi siapapun yg berhati dan berpikiran terbuka.

    di KJI bnyk yg ikut berlatih dr aliran beladiri lain dan bagi yg mereka bergabung tak harus keluar dr aliran beladiri yg selama ini dianutnya.

    Salam hangat. Osh

    • jam berapa jadwal latihannya ? persyaratan jadi anggota apa aja ? osu .

      • Kita membuka kelas reguler KJI dng jadwal latihan setiap Sabtu, pukul 16.30. Ada juga kelas privat. untuk kelas ini, waktu disesuaikan dengan keinginan calon peserta. untuk info kelas privat bisa menghubungi Ratu (081809192271).
        Mohon maaf, posisi Mas Noval dimana ya? Bandung?

  64. ya saya di banjaran tepatnya kamasan perumahan damarmas regency

  65. klo pengen belajar jujitsu di daerah bogor dmna yah ?

  66. jihad Says:

    Salam..
    Ane mw ikutan dnk,info utk perguruan nya tolong d kabari yaa
    Sklian mw tanya,tmpt utk belajar pedang dmn ya?pin bb ane 25C35453 tlp:087877187160
    Mksi

  67. Minimal umur berapa ?

  68. saya ingin daftar bagaimana

  69. minta informasi dojo jakarta barat atau pusat?

  70. irwanto Says:

    kalau di jogja udah ada jujitsu ini belum? mohon informasinya di 081804096474

  71. ferdie Says:

    OShh………..
    Salam karate semua
    Kami sangat bangga menjadi bagian menjadi keluarga besar kushinryu M Indonesia
    Salam dari kota kota empek-empek

  72. anthony lolonga Says:

    je suis grand pratiquant dt jujitshu et j’aimerai que les instances etrangeres nous epaule pour rehausser le niveau de notre chere discipline, contactez moi

  73. anthony lolonga Says:

    je suis grand pratiquant dt jujitshu et j’aimerai que les instances etrangeres nous epaule pour rehausser le niveau de notre chere discipline, contactez moi au anthonylolonga@gmail.com, je suis a kinshasa en RDCongo

  74. wahyu widodo Says:

    Mohon informasi alamat pelatihan dijakarta timur & sekitarnya serta informasi perihal pendaftaran berikut jadwal pelatihan, trims

  75. Ihsan Says:

    Mohon Informasi alamat latihan di daerah malang jawa timur
    terima kasih

  76. Ieva Arivah Says:

    mohon mav, boleh tanya alamat RJI di jogja?

  77. kl di surabaya dimna ya
    hub saya 087852291893
    salam

  78. kalau untuk anak 5 tahun bisa tidak ya, kalau bisa mohon bisa hubungi di alamat email saya. terima kasih

  79. terima kasih atas antusias teman2 di daerah trhdp KJI. Kami berharap ke depan KJI bisa menyebar luas di Tanah Air. Untuk saat ini, Dojo binaan kami baru hanya ada di Bandung, Jakarta, Bekasi.

  80. fauzi Says:

    di jakarta barat ada dojonya ?

  81. Kalau yang di bekasi tepatnya dimana ya?
    terima kasih

  82. robby Says:

    Info contac person.yg bisa di hubungi osh.

  83. ahmad Says:

    pingin daftar ,, daerah malang ada g ???

  84. mau tanya,apakah didaerah tebet jakarta selatan ada tempat latihan kushin ryu? mohon infonya ya bila ada. terimakasih…

  85. Saya tertarik dgn bela diri ini, tapi saya tidak punya basic bela diri. Mash bsa mengikuti kah

    Mksh sblum.y :-)

  86. Selamat pagi. Terima kasih atas atensinya.
    Mbak/Mas, tak masalah bagi Anda memiliki basic beladiri atau tidak, namun yang terpenting, kita harus memiliki konsep pertahanan diri. untuk bergabung di komunitas kami, tak perlu harus memiliki basic terlebih dahulu. Jadi siapapun bisa melakukan dan mempelajari teknik dengan mudah lho.

    Dari anak-anak bahkan mereka yg sudah merasa sepuh sekalipun. :-)

    Jika ingin informasi lebih silakan jangan sungkan2, menghubungi kami.

    wasalam

  87. KUSHIN RYU JUJITSU INDONESIA (KJI) apa ada di kota subang jawa barat?. kalo belum ada yah saya mohon di adakan di kota subang terima kasih. Dan kalo ada alamatmya dimana ?

  88. di semarang adakah?

  89. Jaka sembara Says:

    Usia saya 45 th. Apakah masih boleh belajar KJI di Dojo Kopo? Apa ada syaratnya ? trimakasih atas jawabannya.

    • ludah pesakitan Says:

      memang kebanyakannya yang ikut kji masih muda muda seumuran bapak jaka sembara… soalnya yang umur 70an udah pada sakit sakitan…. whahahahahay…

      silahkan pak… Kita membuka kelas reguler KJI dng jadwal latihan setiap Sabtu, pukul 16.30. Ada juga kelas privat. untuk kelas ini, waktu disesuaikan dengan keinginan calon peserta. untuk info kelas privat bisa menghubungi Ratu (081809192271).

      tabik.

  90. salam ,,,,,,,,,,,
    saya mau tanyauntuk latihan di JOGJA dimana YYYY
    mohon petunjuk

  91. KKI, jgn lupa Indonesia ttp butuh medali emas di Sea Games, Asian Games, dll.
    Ayo tunjukkan prestasi KKI baik di kata maupun kumite pd event nasional & internasional.
    Anyway, inisiatif pengembangan KKI sangat bagus asal disetujui Soke Matsusaki.

  92. Hasan Says:

    Mau tanya apakah ada dojo disekitaran buah batu? Soalnya utk ke cetarip msh terlalu jauh. Saya setiap hari bekerja di garut. Tapi ditempuh pulang pergi. Dan baru sekitar pukul 19.30 tiba di cibiru menggunakan angkutan umum. Mohon infonya. Hatur nuhun.

    • ludah pesakitan Says:

      Kita membuka kelas reguler KJI dng jadwal latihan setiap Sabtu, pukul 16.30. Ada juga kelas privat. untuk kelas ini, waktu disesuaikan dengan keinginan calon peserta. untuk info kelas privat bisa menghubungi Ratu (081809192271).
      Mohon maaf, posisi Mas Noval dimana ya? Bandung?

  93. haris prast Says:

    Maaf Mas, kalau yg di bekasi boleh minta cp nya , sy mau mulai dari dasar, serta mekanisme pendaftarannya bagaimana. tks.

    • ridwan Says:

      mau belajar jujutsu sekarang ga masalah ya? Info tempat latihan depok atau jaksel dong. Thanks before

  94. ridwan Says:

    mau belajar jujutsu sekarang ga masalah ya? Info tempat latihan depok atau jaksel dong. Thanks before

  95. Kevin Says:

    Klo boleh tanya.. Apakah ada yg lokasi di jakarta ? Kalau bisa jakarta pusat.. Hehe dan minimal umur brp ya ?

  96. info train camp yg d padang ada ngak…
    trims

  97. ihsan fadhilla Says:

    Saya mau nanya nih tempat latihan disidoarjo,,dimana yaa? Trima kasih

  98. maaf sebelumnya, saya ingin mempelajari jiujitsu. alamat saya di buah batu

  99. jenica Says:

    sori ni, tp kji ada di jakarta barat, ngak? kalo ada, tolong kasih tau alamatnya yah……

  100. supri Says:

    hidup kji..hidup sensay sofyan.

  101. mochtar Says:

    ijin tanya semuanya bedanya KJI dengan IJI itu apa ya…. saya ingin sekali bergabung dengan jujitsu , ijin tanya juga untuk tempat pelatihan ju jitsu semarang lokasinya dimana y, tolong di bantu, salam seduluran

  102. kang uyu Says:

    kalo ingin belajar jujitsu dimana dojonya?

  103. zaki umair Says:

    dimana letak beladiri jujutsu di jakarta timur kec
    amatan matraman

  104. Mau tanya, saya ingin bergabung dengan KJI dojo Citarip…apa masih menerima anggota baru

  105. oya sklian nimbrung juga… klo di Bandung, area cibiru, ujung berung,…
    ada penyebaran jiujitsu ngga? koq ana nyari2 kaga nemu yah…

  106. Kanthy Says:

    Saya mau bertanya ttg lokasi di Jakarta Timur saat ini, karena saya ingin memasukan anak saya k KJI ini… agar bs lbh disiplin… mohon bantuannya. Thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: